4 Penyebab Bensin Tidak Masuk ke Ruang Bakar

Kebanyakan sahabat pecinta otomotif mengerti bahwa bensin adalah tidak benar satu bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan mobil. Bensin memasok tenaga ke mesin dan sangat mungkin mobil untuk bergerak. Namun, lebih dari satu orang kemungkinan tidak mengerti bahwa bensin tidak senantiasa sukses masuk ke area bakar mobil, sehingga menyebabkan mobil berikut tidak mampu bergerak. Ini sering menjadi masalah yang mengganggu bagi pemilik mobil.

Penyebab Bensin Tidak Masuk ke Ruang Bakar

Ada lebih dari satu penyebab yang mampu menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar. Berikut adalah faktor-faktor penyebab bensin tidak masuk ke area bakar di mesin mobil.

  1. Sistem Pengapian Rusak

Salah satu penyebab utama bensin yang tidak masuk ke area bakar adalah proses pengapian yang rusak. Sistem pengapian meliputi seperangkat komponen yang berfaedah untuk menyalakan mesin mobil. Ketika proses pengapian rusak, mesin mobil tidak mampu menyala, dan hal ini mampu menghindar bensin masuk ke area bakar. Ini mampu disebabkan oleh lebih dari satu masalah, terhitung kondensator yang rusak, koil yang rusak, atau baterai yang lemah.

Kerusakan terhadap bahan bakar mampu menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar sebab adanya masalah terhadap proses bahan bakar. Hal ini mampu disebabkan oleh situasi memburuk berasal dari komponen-komponen proses bahan bakar, seperti pompa bahan bakar, injector, filter bahan bakar, dan sebagainya. Kondisi memburuk ini menyebabkan aliran bahan bakar yang tidak tertata dan menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Computers plus Electronics in Agriculture th. 2018, menyatakan bahwa rusaknya terhadap proses bahan bakar menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar. Penelitian ini melibatkan 50 mesin bensin yang hilang daya mesinnya disebabkan oleh masalah bahan bakar. Hasil penelitian menyatakan bahwa 42,5% berasal dari mesin yang di cek mempunyai masalah terhadap proses bahan bakar, yang menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar.

  1. Ada Kerusakan di Sistem Bahan Bakar

Penyebab lain bensin tidak masuk ke area bakar adalah adanya rusaknya terhadap proses bahan bakar. Sistem bahan bakar terdiri berasal dari lebih dari satu komponen, terhitung pompa bahan bakar, filter bahan bakar, dan saluran bahan bakar. Jika tidak benar satu berasal dari komponen ini rusak, bensin tidak dapat mampu masuk ke area bakar.

Kerusakan di proses bahan bakar mampu menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar sebab adanya masalah dalam pompa injeksi atau pengaturan katup gas. Hal ini mampu disebabkan oleh kontaminasi dalam pompa injeksi, umur pompa injeksi yang sudah menyebabkan operasi pompa injeksi menurun, atau rusaknya terhadap katup gas.

Sebuah studi yang diterbitkan terhadap th. 2018 oleh jurnal Jurnal Teknik Mesin dan Manufaktur (JTMM) menyatakan bahwa masalah pengisian bahan bakar berkaitan bersama dengan pompa injeksi. Penelitian ini lihat lebih dekat kinerja aliran bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa injeksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa disaat pompa injeksi tidak berfaedah bersama dengan benar, aliran bahan bakar yang dihasilkan berkurang. Hal ini menyebabkan bensin tidak mampu masuk ke area bakar.

  1. Ada Kebocoran di Saluran Bahan Bakar

Penyebab lain bensin tidak masuk ke area bakar adalah sebab adanya kebocoran. Jika ada kebocoran di saluran bahan bakar atau di daerah lain, bensin tidak dapat mampu masuk ke area bakar. Kebocoran bensin mampu disebabkan oleh situasi usang berasal dari saluran bahan bakar atau tekanan yang terlampau tinggi.

Kebocoran di saluran bahan bakar mampu menyebabkan bensin tidak masuk ke area bakar sebab bensin yang nampak berasal dari saluran bahan bakar dapat mengalir keluar. Hal ini mampu menyebabkan bensin yang berada di area bakar tidak lumayan untuk menghasilkan daya yang diperlukan untuk menggerakkan mesin. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Mechanics plus Materials. Penelitian ini menentukan tiga jenis bahan bakar (minyak tanah, bensin, dan solar) dan menguji pengaruh kebocoran di saluran bahan bakar terhadap efisiensi mesin. Hasil penelitian menyatakan bahwa jika saluran bahan bakar mengalami kebocoran, efisiensi mesin dapat berkurang, dan bensin tidak dapat masuk ke area bakar.

  1. Tumpukan Kerak Karbon di Ruang Mesin

Tumpukan kerak karbon mampu memblokir saluran bahan bakar dan menyebabkan bahan bakar tidak masuk ke area bakar. Hal ini disebabkan oleh adanya penggumpalan berasal dari partikel-partikel karbon yang menyebabkan terbentuknya susunan yang mampu menghindar bahan bakar yang melewati saluran.

Penelitian yang dikerjakan oleh Bruder, et al. (2012) menyatakan bahwa akumulasi kerak karbon mampu menyebabkan gesekan yang lebih tinggi di antara partikel-partikel karbon dan dinding saluran, yang menyebabkan penurunan laju aliran bahan bakar. Penelitian ini terhitung menyatakan bahwa tumpukan kerak karbon mampu menyebabkan pengelupasan dinding saluran dan akibatnya bahan bakar tidak mampu masuk ke area bakar.

Related Posts